DetikNews
Minggu 22 Apr 2012, 13:03 WIB

Hidayat: Ongkos Nikah, Persalinan & Pemakaman Mahal, Warga Miskin Susah

- detikNews
Jakarta - Warga miskin di Jakarta selama ini susah karena biaya pernikahan, persalinan dan pemakaman yang mahal. Untuk itu jenis bantuan 3 biaya ini pada warga miskin perlu ditingkatkan.

Demikian janji cagub DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid bila dirinya nanti memenangkan DKI 1.

\\\"Warga miskin di Jakarta, yang membuat mereka susah ini di antaranya adalah dengan pernikahan mahal, ongkos persalinan mahal, ongkos pemakaman juga mahal. Nah, kita akan memudahkan buat mereka, dengan biaya administrasi pernikahan gratis, biaya administrasinya saja lho, bukan biaya pernikahannya sendiri,\\\" jelas Hidayat.

Hal itu disampaikan Hidayat usai menghadiri acara Maulid Nabi di Yayasan Islam As Sa\\\'adah, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Minggu (22\/4\/2012).

Biaya administrasi pernikahan itu, imbuh Hidayat, hanya untuk pernikahan pertama. Sedangkan biaya persalinan, hanya sampai anak kedua.

\\\"Program itu memang sudah ada, tapi tidak jalan. Kepada keluarga miskin yang meninggal, kita akan bebaskan dari biaya pemakaman. Kita juga akan meningkatkan kesejahteraan para penjaga makam. Anggaran kita Rp 600 miliar dan nantinya akan kita naikkan Rp 1 triliun,\\\" jelas mantan Ketua MPR ini.

Perhitungan anggaran itu, imbuhnya, mengutip perhitungan rekan-rekannya anggota DPRD DKI dari PKS. Hidayat juga mengatakan akan membuat kegiatan Maulid Nabi di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta.

\\\"Memang demikian kenyataannnya. Di Balai Agung ya, bukan gubernur yang datengin acara maulid ke mana-mana. Jadi acaranya itu di gubernuran, bukan gubernur yang datang ke mana-mana. Di Istana ada acara seperti ini sedangkan di Balai Agung tidak ada,\\\" jelas dia.

\\\"Kami akan buat peringatan Maulid Nabi di Balai Agung karena Nabi Muhammad merupakan orang yang paling disegani, menghormati kerukunan umat beragama yang sangat berpihak untuk menghadirkan masyarakat yang maju dan sejahtera dan lain-lain,\\\" imbuhnya.

Apakah Anda datang ke perayaan Maulid Nabi hari ini untuk meminta dukungan?

\\\"Kerjaan yang saya lakukan ini sudah saya lakukan dari zaman baheula, terlalu sering malah. Ada Pilgub atau tidak ya begini ini kerjaannya. Ya kalau sekarang saya jadi cagub ya apa boleh buat, tapi tidak untuk promosi atau promosi itu sendiri. Karena ada pilkada gubernur atau tidak, pengisi ceramah menghadiri pengajian, berkomunikasi dengan masyarakat itu kerjaan sehari-hari saya. Saya dulu waktu menjadi ketua MPR dan partai saya biasa mengisi acara seperti ini,\\\" jawab Hidayat.


(nwk/nrl)
Array
Komentar ...
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed